Bebelan Ku Yang Fresh

Apakah itu zoombie

Zombie atau zombi adalah sebutan untuk mayat hidup dalam sistem kepercayaan Voodoo orang Kreol dan Afrika-Karibia. Zombie adalah manusia dengan roh yang sudah dicuri lewat cara supranatural atau perdukunan, dan dipekerjakan sebagai budak yang mengabdi pada “majikan zombie” di perkebunan terpencil. Versi zombie yang lebih menakutkan dan suka memakan manusia sering diangkat menjadi cerita fiksi horor

Dalam Kepercayaan Voodoo
Menurut kepercayaan voodoo zombie, orang yang telah mati dapat diterima oleh bokor atau penyihir voodoo. Zombie ini dijadikan budak oleh bokor. Dalam bahasa asli Niger-Congo zombie berasal dari kata nzambi berarti dewa. Dalam tradisi Voodoo adalah bahwa energi manusinya sendiri, ditahan olh bokor untuk meningkatkan kekuatan sihirnya. Di tahun 1937 di Haiti, Zora Neale Hurston menemui kasus dimana seorang wanita muncil di sebuah desa, yang keluarganya mengklaim itu adalah Felicia Felix-Mentor, seorang relawan yang telah meninggal dalam usia 29 tahun. Hurston berspekulasi wanita itu bangkit bukan karena upacara ritual melainkan karena obat-obatan tetapi ia gagal menemukan bukti yang kuat. Beberapa dekade Wade Davis, seorang ethobotanist dari Harvard, mempresentasikan zombie dalam 2 buku. Ia berpendapat manusia dapat berubah jadi zombie dari 2 bubuk yaitu coup de poudre(powder strike) dan bubuka yang kedua adalah campuran serbuk tumbuhan yang salah satunya adalah datura.
Dalam Folklore
Di abad pertengahan, kepercayaan bahwa arwah orang mati dapat kembali ke bumi menghantui orang-orang yang hidup karena dalam hidupnya arwah itu mengalami ketidakadilan. Mereka kembali dengan tujuan membalas dendam mereka. Mereka terlihat seperti tengkorak manusai atau mayat yang telah busuk, yang berkeliaran di kuburan pada tengah malam. Draugr dari mitologi norse abad pertengahan percaya bahwa mayat para prajurit yang bangkit dan dapat menyerang. Selain di Eropa, legenda zombie dipercaya oleh beragam budaya di seluruh dunia(Cina, Jepang, India, Persia, Arab, sampai suku asli Amerika)
Dalam Budaya Sekarang
Zaman sekarang ini Zombie dimunculkan berbeda sekali dengan budaya voodoo atau yang lainnya. Zombie didefinisikan sebagai monster tak berperasaan, tidak berakal budi serta memiliki rasa lapar pada darah dan daging manusia. Zombie modern digambarkan sebagai mayat hidup dengan wajah pucat, boa mata berwarna putih, lamban dan lusuh. Night of the Zombies (1981) Film pertama yang bercerita zombie berasal dari gas mutagenic. Pada Film Dawn of the Dead atau House of the Death zombie digambarkan sebagai makhluk yang bergerak lincah dan cepat.
Dalam video game zombie disebabkan oleh virus seperti game Resident Evil. T-virus adalah salah satu virus penyebab zombie tapi dalam Game lain seperti Evil Dead zombie berasal dari makhluk dari kegelapan.


ini lah gambar zombie yg paling ganas

No comments: